Minggu, 02 Desember 2012

Bab 11.Peranan Koperasi

KATA PENGANTAR
Segala puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas softskill dengan baik . Adapun tugas softskil ini bertujuan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah semester ini . Tugas ini mengenai “Ekonomi Koperasi” yang akan dibahas pada tiap-tiap halamannya.
Dalam penyusunan tugas ini tentu jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran sangat saya harapkan demi perbaikan dan penyempurnaan tugas ini dan untuk pelajaran bagi kita semua dalam pembuatan tugas-tugas yang lain di masa mendatang. Semoga dengan adanya tugas ini kita dapat belajar bersama demi kemajuan kita dan kemajuan ilmu pengetahuan.
                                                                                                           Depok,      November 2012
                                                                                                                                                                                                                                                                      Penulis
 
Bab 11
Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan

1.       Di pasar persaingan sempurna 

Pada dasarnya pasar persaingan sempurna memiliki beberapa cirri-ciri umum yaitu :
-           Adanya penjual dan pembeli yang banyak
-          Produk yang dijual sejenis
-          Perusahaan bebas untuk masuk atau keluar
-          Para pembeli dan penjyal memilki informasi yang sempurna

2.        Di pasar Monopolistik

Cirri-cirinya yaitu :
-          Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang seragam
-          Produk yang dihasilkan tidak sama (homogen)
-          Ada produk substitusinya
-          Keluar atau masuk ke industry relatof mudah
-          Harga produk tidak sama di semua pasar, tetapi berbeda – beda sesuai keinginan penjualnya.

3.       Pasar Monopsoni

Bentuk pasar ini merupakan bentuk apasar yang dilihat dari segi permintaan dan pembelinya. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bebtuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintannya atau pembeli hanya satu perusahaan. Contohnya : PT KAI (Kerata Api Indonesia)

4.       Pasar Oligopoli

Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual/ produsen yang menguasai permintaan pasar. Ciri-ciri pasar ini :
-          Terdapat beberapa penjualprodusen yang menguasai pasar
-           Barang yang di perjual-belikan dapat bersifat homogen ataupun berbeda
-          Terdapat hambatan masuk bagi perusahaan diluar pasar untuk masuk kedalam pasar
-          Merupakan salah satu pasar price leader yaitu penjual yang memilki pasar terbesar.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar